Cara Mengatasi Memory Micro SD Card Write Protected

Kemarin saya mengalami hal serupa yaitu terjadi error di flashdisk yang tak dapat diformat. Kejadian kali ini yaitu error di memory card micro SD yang muncul keterangan “Write Protected” ketika akan diformat. Namun, bagi mengatasi masalah error “Write Protected” di micro SD card ada sedikit perbedaan. Berikut ini Cara Mengatasi Memory Micro SD Card Write Protected.



Periksa Lock di Adapter Memory Card



Biasanya agar memory card dapat terhubung ke PC pasti menggunakan adapter khusus atau bagi kamera menggunakan MMC card. Nah, adapter ini dapat dikunci agar perlengkapan lain tak dapat menggunakan/ membuka sembarangan. Cara menguncinya yaitu dengan tombol slide lock yang terdapat di samping adapter. Biasanya kalau terkunci posisi lock berada di bawah yang artinya “Read Only” dan tak akan dapat diformat, menghapus ataupun menambahkan file. Agar memory card dapat diakses, lumayan kembalikan posisinya ke atas agar tak terkunci.



Gunakan CMD (Command Prompt)



1. Hubungkan memory card ke PC.


2. Tekan tombol (Windows+R), lalu ketik “CMD”, Enter.


3. Kemudian ketik “Disk Part” di CMD, lalu Enter.


4. Setelah itu, ketik “List Disk”, lalu Enter.


5. Kemudian akan muncul daftar drive yang aktif, lalu lihat drive kalian ada di Disk berapa.


6. Kemudian ketik “select disk 1” (misalnya kalau drive nomor 1), lalu Enter.


7. Setelah itu, ketik “attributes disk clear readonly”, lalu Enter.


8. Coba hapus diantara file, tambahkan file atau format micro SD tersebut. Seandainya berhasil, karenanya proses selesai.



 



Seperti itulah sedikit informasi mengenai Cara Mengatasi Memory Micro SD Card Write Protected. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript