Cara Asyik Memulai Belajar Programming

Banyak orang tertarik belajar programming, tetapi mereka bingung bagi memulai belajar programming dari mana. Belajar programming memang mesti dari mendasar, karena akan sulit memahami logikanya kalau mendasar programming saja tak tau. Selain itu, Sahabat mesti benar-benar siap mental kalau ada satu kesalahan di program, karenanya Sahabat mesti memperbaikinya hingga berhasil. Namun, sebelum mengerjakan itu seluruh berikut ini yakni beberapa hal yang dapat Sahabat lakukan bagi memulai belajar pemrograman.



Memahami Programming



Programming itu sama seperti kegiatan yang kita lakukan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya Sahabat mau makan, pasti Sahabat mesti mencari di mana makanan itu berada, lalu Sahabat membeli atau memasaknya, setelah dimasak, dihidangkan, kemudian Sahabat makan makanan tersebut hingga habis. Jadi, programming itu strategi bagi memecahkan suatu masalah atau menyelesaikan suatu hal. Sahabat mesti benar-benar mengetahui apa yang terdapat di programming, istilah-istilahnya, rumusnya, logikanya, dll.



Pilih Bahasa Programming



Bahasa pemrograman benar-benar banyak, Sahabat mesti memilih diantara bahasa pemrograman tersebut. Misalnya Sahabat tertarik bagi merancang laman sendiri, karenanya bahasa yang mesti Sahabat pilih yaitu web programming. Pilih yang benar-benar Sahabat dapat kuasai dan Sahabat dapat kembangkan. Jangan ambil seluruh bahasa pemrograman kalau diantara saja belum ada yang dapat Sahabat kuasai.



Mulai Belajar



Apabila Sahabat telah memilih bahasa pemrograman yang kira-kira sesuai dengan minat, karenanya Sahabat mulailah mempelajarinya. Sahabat tak perlu belajar dari sulit, Sahabat dapat mulai dari yang dasar-dasar dulu. Jangan melihat orang lain telah lebih jago dari Sahabat, fokus di diri Sahabat sendiri, karena orang jago dapat Sahabat kalahkan kalau Sahabat terus fokus dan rajin belajar. Belajar pemrograman dapat dari banyak referensi, dapat dari buku, teman yang jago programming, dari banyak laman atau lebih asyik belajar dari Youtube, tetapi saya rekomendasikan tempat kursus bagi belajar programming laman seperti Source Code Aplikasi, dll.



Praktek Membangun



Setelah Sahabat mulai paham dengan apa yang Sahabat pelajari, Sahabat mesti praktekkan seketika. Cobalah merancang beberapa program sederhana yang terdiri dari mendasar bahasa pemrograman tersebut. Apabila yang Sahabat pelajari bahasa pemrograman laman, coba bikin laman yang terdiri dari satu kolom, mulai dari bagian header, fitur, article dan footer, lalu beri sedikit desain atau pewarnaan agar lebih menarik. Basic pemrograman yang Sahabat bikin dapat terdiri HTML+CSS saja kalau yang Sahabat pelajari pemrograman laman.



Update Informasi



Bahasa pemrograman sewaktu-waktu dapat berubah cara mempelajarinya, pasti akan datang masanya program yang sangat gampang yang lebih dipilih. Oleh karena itu, Sahabat mesti terus update informasi, dapat lewat grup yang terdapat di social media seperti facebook atau forum diskusi yang membahas programming. Ini benar-benar urgen, karena tertinggal sedikit trik atau tips, Sahabat akan kesulitan mencari kesalahan atau memperbaiki program, karena siapa tau beberapa code di programming telah tak digunakan lagi.



Bahasa programming memang sulit, tetapi anggap saja bahasa pemrograman itu seperti aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya bagi membangun rumah langkah apa saja yang mesti kita lakukan, kita mesti mulai darimana agar dapat membangun rumah. Programming itu penuh dengan algorithma dan logika, pelajari dengan santai, tak perlu buru-buru ingin cepat dapat, nikmati saja proses, karenanya Sahabat akan belajar dengan gampang. Seperti itulah sedikit informasi mengenai Cara Asyik Memulai Belajar Programming.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript