Membuat Hitungan Mundur (countdown) Dengan Javascript

di artikel kali ini saya akan mempraktekan bagaimana cara membangun hitungan mundur (countdown) dengan javascript, di Pengimplementasiannya hitung munduru lazim kita jumpai ketika kita ingin unduh suatu file dari sering kita jumpai perhitungan mundur seperti ini, nah gimana cara membuatnya seketika saja



silahkan teman-teman bikin sebuah file dan ketikan script berikut :



<span id=waktu>5</span>


script di atas saya membangun sebuah tag span dengan id waktu dimana nanti id ini yang saya gunakan, kita mulai hitung mundurnya dari angka 5,



sekarang ini kita bikin guna javascript nya, silahkan teman-teman ketikan script berikut:



<script type=text/javascript>
var waktu = 5;
setInterval(function() {
waktu--;
if(waktu < 0) {
window.location = 'http://sourcecodeaplikasi.info';
}else{
document.getElementById(waktu).innerHTML = waktu;
}
}, 1000);
</script>


saya membangun variable default 5 karna kita membuatnya dari hitungan 5 dengan kondisi minus berarti mundur, lalu saya membangun kondisi sekiranya variable waktu lebih kecil dari 0 karenanya halaman akan di direct ke blog sourcecodeaplikasi.info,



sekiranya telah save dan cuba jalankan di browser,



hasilnya 5 akan terhitung mundur hingga 0 lalu akan mendirect halaman ke blog Source Code Aplikasi,



gimana lumayan gampang kan, silahkan coba dirumah, semoga bermanfaat bagi artikel kali ini.



terimakasih,




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript