Cara Atasi Kinerja Komputer Supaya Lebih Ringan

Cara Atasi Performa Komputer Supaya Lebih Ringan – Komputer yang lamban pasti akan betul-betul mengesalkan ketika digunakan. Apalagi kalau digunakan bagi kesibukan yang sedang deadline. Performa komputer yang lamban tersebut pertanda bahwa komputer kamu mengalami penurunan performa yang dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena hardware yang perlu di up grade karena usia yang telah tua atau terlalu banyak aplikasi yang digunakan, karena aplikasi yang berjalan mengakibatkan pemborosan daya kerja processor RAM.



Disini saya akan memberikan beberapa hal pada menangani daya kerja di komputer yang lamban. Ada beberapa tips bagi menangani hal tsb, yaitu :



1. Rapikan Desktop


Layar desktop yang penuh dengan file-file akan menyulitkan bagi menemukan file yang kita butuhkan. Bagi menangani masalah ini, buatlah folder khusus bagi masing-masing file yang lazim digunakan dan pisahkan bagi file-file yang jarang digunakan atau jarang dibutuhkan.


Hal ini akan membersihkan desktop di komputer Kamu, dengan tataan folder yang rapi sekaligus dapat menyimpan file-file yang masih bermanfaat hingga kamu mempunyai waktu bagi memilah-milah file tersebut.



2. Gunakan Eksternal Hard Drive


Semakin lama komputer yang kamu gunakan, pastinya akan menambah jumlah file yang tersimpan pada hard drive bawaan di komputer kamu. Itu ialah diantara penyebab komputer menjadi lamban.



Bagi mengatasi hal ini, karenanya gunakan Eksternal Hard Drive bagi komputer atau laptop kamu. Selain merancang hard disk bawaan dapat ‘bernafas’ lega, dari sisi keamanan pun akan lebih bermanfaat jikalau suatu ketika komputer kamu mengalami hal-hal yang tak diinginkan.



3. Bersihkan File


Bersihkanlah data-data yang telah tak terpakai lagi, terutama file multimedia seperti film atau lagu-lagu karena data tersebut lebih besar dari di data file office lainnya. Dengan membuang file-file multimedia akan menolong mengurangi beban memory di komputer. Simpanlah file-file yang penting-penting saja.



4. Pendukung bagi Browser


Dengan menggunakan web browser teknologi kompresi Opera, Opera Turbo, kamu dapat mengandung halaman web hingga lima kali lebih cepat diperbandingkan dengan browser lainnya.



Sekiranya kamu terjebak di koneksi jaringan yang lambat, keluarlah dari area WiFi yang sibuk, gunakan kartu 3G atau laptop yang terhubung dengan HP, dan aktifkan turbo mode bagi menjaga intensitas browsing yang tetap meningkat.



5. Mengatur Fragmentasi Disk


Fragmentasi disk ialah sebuah masalah atau problem yang berkaitan dengan penyusunan dan penghapusan yang terus menerus sepanjang usia normal dari sebuah Harddisk yang banyak file yang di bikin dan di hapus. Oleh  karena itu terciptalah ruang-ruang atau celah-celah di Harddisk yang digunakan. Sebuah Harddisk yang mempunyai lubang-lubang atau ruang-ruang semacam itu dinamakan Disk yang difragmentasi. Fragmentasi Harddisk akan memperlambat proses komputer karena file-file yang baru disimpan di ruang-ruang yang kosong dan terpaksa dibagi-bagi menjadi sektor-sektor atau cluster-cluster oleh pos.



Bagi menangani hal tersebut yaitu dapat dilakukan dengan cara :




  • Di versi windows yang lama : klik tombol Start → Disk All Programs → Accessories → System Tools → Disk fragmentasi


  • Di versi windows 8 : Klik Search →Defragment → Settings → Defragment dan optimalkan drive komputer.



6. Hapus Program Autostart


Bagi memulai program yang hanya kamu inginkan, gunakan start fitur di Windows Vista dan ketik ‘msconfig’ bagi Windows 7. Buka program link msconfig.exe, di mana Kamu dapat menambahkan program autostart.



Di Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc bagi membuka task manager, pilih tab startup dan non-aktifkan item apapun yang kamu tak ingin mulai secara otomatis. Pengguna Mac dapat pergi ke System Preferences > Users Groups/Accounts > Login Items bagi menghapus program.



7. Scan Virus/ Malware


Virus komputer adalah diantara dari beberapa jenis malware yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke pada program atau dokumen lain. Virus komputer sama hal nya seperti Virus Biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak data di dokumen yang akan merancang pengguna komputer merasa terganggu, atau bahkan ada yang  tak menimbulkan efek sama sekali.



Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan anti virus. Jenis bahan lunak ini dapat pun mendeteksi dan menghapus virus di  komputer.



8. Membersihkan Fisik Komputer


Gunakan penyemprot udara bagi membersihkan bagian pada fisik komputer. Bersihkan Kipas heatsink prossesor dan Ram menggunakan kuas cat karena bila disemprot akan kurang sempurna dan biasanya kerak debu susah dihilangkan hanya dengan semprotan. Bersihkan segala yang tersisa dari mulai Power supply, motherboard dan VGA support dengan kuas cat. Semprot segala komponen setelah di bersihkan dengan kuas cat supaya debu kecil yang tersisa hilang.



9. Perbaharui Komputer / Laptop


Bagi Tips terakhir ialah cara yang sangat ampuh bagi mengatasi komputer yang lamban. Kamu dapat berkunjung ke gerai-gerai atau toko komputer bagi memperbaharui komputer/laptop kamu. jadi kamu dapat menggunakan komputer baru kamu tanpa mesti menghadapi proses daya kerja komputer yang lamban lagi, alias membeli komputer baru.



Semoga bermanfaat! 🙂




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS