Cara Menggunakan Mysql Subquery untuk Query yang Lebih Complex

Halo semuanya, kembali lagi bersama saya,  setelah sebelumnya saya telah membahas operator IN di mysql nah kali ini saya akan membahas basic query bagi pengqueryan yang lebih kompleks ketika di kembangkan lagi, yaitu   Mysql Subquery .  Di panduan kali ini saya akan menunjukan bagaimana menggunakan  Mysql Subquery basic bagi penulisan query yang lebih kompleks.





 



Mysql subquery yakni sebuah query yang terdapat di pada query lainya atau biasanya di sebut nested query atau iner query.  Misal  Ada petunjuk SELECT di pada query SELECT.



 



 



Nah gambar di atas yakni contoh penulisan sub query .



 



Saya akan mencontohkanya yang lebih sederhana,



saya mempunyai sebuah table yang bernama offices :



 



 



Dan saya ingin menampilkan data field officeCode, city dan phone yang berada di table offices dimana mencari nilai tertinggi di table offices merujuk pada field officeCode.  Karenanya subquerynya seperti ini



SELECT officeCode,
city,
phone

FROM offices
WHERE officeCode = (
SELECT MAX(officeCode)
FROM offices
);


 



Apabila di jalankan karenanya hasilnya akan seperti ini :



 



 



Oke itu saja basic dari subquery,  dari query basic ini kalian dapat kembangkan lagi sesuai keperluan program seperti apa.   Hingga bertemu lagi.



Terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS