Pengertian, Perbedaan, Fungsi HTTP, HTTPS, FTP dan WWW

Di internet kita sering sekali menemukan perbedaan kecil, tetapi mempunyai kegunaan yang hampir sama. Kita pasti sering bertemu dengan situs yang di depan nama domainnya ada tulisan HTTP, terkadang pun ada tulisan HTTPS, pun ada situs yang tak memakai HTTP atau HTTPS, seketika WWW. Apa sih sesungguhnya perbedaan antara semuanya tersebut ? Bagi lebih jelasnya, berikut ini Pengertian, Perbedaan, Kegunaan HTTP, HTTPS, FTP dan WWW.



HTTP



HTTP adalah sebuah singkatan dari HyperText Transfer Protocol, yaitu aplikasi protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. HTTP ini yang memungkinkan komputer server dengan client berinteraksi dan bertukar informasi atau data. HTTP pun adalah sebuah sebuah format standar yang biasanya digunakan para pembuat situs agar komputer client dapat mengakses sebuah halaman situs di browser. Cara berkomunikasi antara client dan server, yaitu client menjalankan request ke server, lalu server mengirimkan respon kepada client.



Catatan



Jangan menjalankan transaksi dan urusan perbankan di internet, karena paket yang dikirim menggunakan protokol ini tak terenkripsi, sehingga dianggap kurang aman.



HTTPS



Sedangkan HTTPS adalah sebuah singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure, yaitu gabungan antara aplikasi HTTP dengan teknologi SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Sehingga secara pemakaian, data-data yang dikirim atau diterima dari server kemudian akan di enskripsi dahulu yang menjadikan data-data Kamu akan aman dan sulit dibaca dari para hacker yang ingin mencuri data pribadi Kamu.



Dengan protocol HTTPS transaksi antara browser dan webserver mesti lewat proses registrasi, sign in, authentikasi dan enkripsi kepada data atau pesan yang akan dikirim.



FTP



FTP adalah sebuah singkatan dari File Transfer Protocol, berfungsi bagi melayani proses transfer file antara dua unit mesin lewat jaringan yang memakai Internet Protocol (IP). Sebuah komputer mengupload file ke sebuah FTP Server, lalu file tersebut dapat di-download oleh komputer lain (client).  Fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi bagi mentransfer data dari suatu server ke komputer Kamu (client).



Port yang Digunakan



Bagi aplikasi keamanan jaringan, mengetahui nomor port suatu protocol menjadi betul-betul urgen. Apabila kita mengetahui nomor port, karenanya kita dapat menentukan port mana yang mesti dibuka dan ditutup bagi menjaga keamanan jaringan. Meski sama-sama menggunakan web browser, nomor port ketiga protokol ini berbeda-beda.




  • HTTP port 80


  • HTTPS port 443


  • FTP port 21



Keperluan SSL



HTTP adalah sebuah protokol yang digunakan bagi komunikasi client-server secara default. Sedangkan bagi dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan mempunyai sertifikat SSL.



Pemakaian Blog



Blog HTTP dan HTTPS digunakan bagi mengakses web server dan menampilkannya di web browser, sedangkan situs FTP digunakan bagi keperluan transfer file dari server kepada client dan pun sebaliknya. Blog FTP digunakan oleh web administrator bagi mengirimkan atau upload data konfigurasi atau content situs ke web server.



Tampilan situs



Blog HTTP dan HTTPS biasanya dikerjakan dengan tampilan yang menarik penuh dengan desain grafis yang bagus dan interaktif. Sedangkan situs FTP tampilannya sederhana hanya berupa susunan file dan folder pada sebuah direktori. Contoh situs FTP ialah ftp://ftp.cbn.net.id.



WWW



WWW adalah sebuah singkatan dari World Wide Web yang dapat diartikan selaku suatu ruang informasi yang digunakan oleh pengenal global. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walau pun sesungguhnya adalah sebuah bagian dari Internet. Jadi, WWW pun dapat diartikan selaku nama yang diberikan bagi segala bagian Internet yang dapat diakses dengan web browser. Dengan adanya WWW, kita dapat menerima berjenis-jenis macam informasi pada berjenis-jenis format.



WWW sering disebut pun selaku protokol di sebuah URL (Uniform Resource Locator) hampir sama dengan HTTP, HTTPS dan FTP. Kegunaan WWW sendiri sesungguhnya ialah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan bagi dapat diakses bersama.



Begitulah sedikit informasi mengenai Pengertian, Perbedaan, Kegunaan HTTP, HTTPS, FTP dan WWW. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS