Membuat Artikel yang Baik Sesuai KBBI atau EYD

Sebetulnya telah lama saya ingin membahas ini di sebuah artikel. Namun, sayangnya saya baru dapat membahasnya ketika ini. Ini pun sekaligus bagi mengeluarkan pendapat atau saran bagi teman-teman saya yang sering merancang artikel di blognya, bagus blog sendiri atau blog orang lain. Nah, berikut ini Tips Merancang Artikel di Blog yang Bagus bagi Blog.



Preposisi, Konjungsi dan Pengulangan



Saya amat suka belajar Bahasa Indonesia yang benar atau sesuai dengan KBBI dan EYD. Segala yang saya pelajari saya terapkan ketika saya merancang tulisan di sebuah status social media ataupun di sebuah artikel blog. Nah, biasanya sebuah artikel pasti diawali dengan judul kan ? Seperti berikut ini judul artikel yang menurut saya dan beberapa referensi bagus “Tips Merancang Artikel yang Bagus dan Benar di Blog”.



Jadi, biasakan perhatikan preposisi atau konjungsi. Maksud dari preposisi yaitu kata depan dapat dipelajari di link berikut id.wikipedia.org/wiki/Preposisi. Sedangkan maksud dari konjungsi yaitu kata penghubung dapat pelajari di link berikut id.wikipedia.org/wiki/Konjungsi_(bahasa). Kemudian ada lagi yang perlu diperhatikan, yaitu pengulangan, tipsnya dapat kalian buka di link berikut tipsberbahasa.blogspot.co.id/2016/06/menulis-judul-benar-baik.html atau tipsberbahasa.blogspot.co.id/2016/06/beberapa-kesalahan-saat-menulis-judul.html



Huruf Kapital



Sering terjadi kesalahan di artikel di blog sebuah blog. Misalnya sebuah judul ada yang ditulis huruf kecil segala di huruf depannya dan ada pun yang ditulis huruf besar segala di huruf depannya. Tak hanya judul bahkan hampir segala tulisan tak memperhatikan huruf besar atau huruf kecil yang tepat penggunaannya. Oleh karena itu, perhatikan pun cara menulis huruf depan yang tepat, kalian dapat pelajari di link berikut id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_penulisan_huruf_kapital



Perhatikan Typo



Hampir segala orang pasti mengalami yang namanya “typo” atau kesalahan ketik pada tulisan. Kesalahan pada menulis hakekatnya dapat dibilang fatal di ketika tertentu, misalnya seperti mengikuti lomba menulis artikel review, juri akan menilai tulisan mana yang sangat terbaik tanpa ada cacat sedikitpun. Sebetulnya tak berpengaruh di tulisan blog yang sering kita bikin, tetapi kita mesti biasakan menulis tak ada typo agar ketika mengikuti suatu lomba blog kita terbiasa menulis tanpa ada typo. Cara cek artikel typo dapat buka di link berikut ini cek typo secara online.



Perhatikan Bahasa



Ini adalah diantara yang mesti kalian perhatikan, karena ini berhubungan dengan optimasi artikel blog di blog di search engine. Kalian pasti pernah berkunjung ke sebuah blog dengan Bahasa selain Bahasa Indonesia bagi menemukan tips, trik atau panduan ? Nah, bagaimana kalau artikel tersebut menggunakan Bahasa gaul, Bahasa sehari-hari tanpa memperhatikan KBBI atau EYD atau tulisan tersebut ALAY ? Apakah kalian dapat artikan ke pada penerjemah seperti Google Translate ? Nah, oleh karena itu, tulislah artikel dengan Bahasa yang sesuai dengan KBBI dan EYD.



Perhatikan Kata-Kata Mubazir



Diantara contoh menulis panggilan, misalnya yang benar pak Renra dan Bapak Renra bukan Pak Renra kecuali ditulis di judul. Ada lagi kalimat mubazir misalnya yang benar kalian atau Kamu segala bukan kalian segala. Kalimat mubazir lainnya yang benar banyak murid dan hadirin bukan banyak murid-murid atau para hadirin sekalian.



Seperti itulah sedikit informasi mengenai Tips Merancang Artikel di Blog yang Bagus bagi Blog. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript