Pengertian Pseudo Code pada Pemrograman

Di panduan kali ini sahabat akan memahami apa itu pseudo code pada pemrograman dan kapan saatnya menggunakan.



Ketika saya baca-baca di sebuah forum Pemrograman PHP ada diantara anggota ada yang bertanya mengenai logika atau alur program. Lalu ada yang menjawab “saya berikan pseudo code nya saja ya” lalu yang bertanya kebingungan dan bertanya “maaf pseudo code itu apa ya ?”, dari cerita berikut saya tertarik bagi merancang artikel mengenai apa itu pseudo code.



Pseudocode yakni keterangan dari algoritma pemrograman komputer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemrograman tetapi bahasa tersebut hanya diperuntukkan agar dapat dibaca manusia. Tujuan pemakaian utama dari pseudocode yakni bagi mempermudah manusia pada memahami prinsip-prinsip dari suatu algoritma.



Pemakaian pseudocode umumnya banyak kita peroleh di buku-buku dan artikel-artikel mengenai pemrograman yang membahas mengenai algoritma tertentu. Kadang pula pseudocode kita peroleh pada merencanakan pengembangan suatu program komputer. Pada pseudocode, tak ada syntax standar yang resmi. Karena itu, pseudocode ini dapat kita terapkan pada pelbagai bahasa pemrograman.



Tentu saja mesti kita sesuaikan setiap tahap dengan bahasa pemrograman yang kita gunakan. Manfaat dari pseudocode mungkin sama dengan Flowchart. Perbedaannya terletak di cara penyampaiannya. Pseudocode menggunakan kata-kata bagi menjelaskan suatu algoritma.



Contoh dari Pseudo code yakni selaku berikut :



Pada



Oke begitulah penjelasan saya mengenai Pengertian Pseudo Code Di Pemrograman, semoga bermanfaat.   Hingga bertemu di artikel berikutnya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS