Cara Penulisan Code yang Baik Bagi Seorang Programmer

Untuk seorang programmer penulisan code ialah benar-benar urgen karena kerapihan code dapat di bilang menunjukan tingkat cara berfikir si programmernya. Biasanya kita sering melalaikan kerapihan pada menulis baris program karena ingin cepat-cepat menyelesaikannya karena dikejar deadline.



Kalau telah terlanjur menulis terlalu banyak baris program biasanya kita akan malas mengurusi soal kerapihan code sehingga akan menimbulkan sulit di maintenance di kemudian hari.



Banyak kerugian yang di timbulkan seandainya melalaikan kerapian penulisan code serta dokumentasinya, misalnya program tersebut sulit bagi di maintenance karena penulisan codenya yang acak-acakan atau tak jelas dokumentasinya, atau sulit bagi di develop oleh pengembang yang baru karena mereka sulit bagi memahami alur atau kegunaan dari program tersebut.



Berikut ialah beberapa tips bagi seorang programmer pada menjalankan coding:




  1. Buatlah kode program sesimpel dan seefisien mungkin supaya proses compiling kode jauh lebih cepat.


  2. Kita mesti konsisten pada penulisan kode program seperti pemberian nama variabel, ukuran, case sensitive supaya gampang bagi mengingatnya


  3. Tambahkan komentar di baris kode program mengenai kegunaan tersebut dan bagaimana cara menggunakannya, selain mempermudah kita bagi mengingat kegunaan yang kita bikin, hal ini pun dapat menolong rekan kita pada mencerna apa yang kita bikin supaya pada memahami program yang dibangun lebih cepat.


  4. Bikin sebuah dokumentasi serta dilengkapi tour guide.


  5. Selalu update, karena terkadang ada cara-cara penulisan yang akan diatur ulang oleh pihak developer dari bahasa pemrograman yang kita manfaatkan.



Setelah kita merancang penulisan code yang bagus , barulah kita dapat berbicara mengenai bagaimana mengoptimasinya agar lebih cepat atau efisien:)



Oke begitulah tadi tips Cara Penulisan Code Yang Bagus Untuk Seorang Programmer , semoga bermanfaat dan hingga berjumpa di artikel berikutnya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript