Mengenal Apa Itu Git Serta Kegunaannya

Di panduan ini sahabat akan mengetahui apa itu git dan juga kegunaannya pada membangun sebuah web app dan seberapa urgen kegunaannya untuk para developer yang bekerja secara team.



Apa itu Git ?



Git ialah tools yang berfungsi selaku Version Control System (VCS) Version Control maksudnya program Git akan mencatat setiap perubahan yang terjadi di sourcecode kita sehingga memungkinkan bagi mengambil kembali sourcecode lama kalau suatu ketika kita ingin kembali ke versi berapapun dari program yang pernah kita tulis.



misal kita sedang membangun program lalu setelah selesai dan jadi kita simpan di repository di Git , dapat di sebuah program ini ialah versi yang pertama-tama (1).  Lalu kita ingin mengupdatenya lalu kita asumsikan telah hingga versi 5, lalu apakah versi 1 hilang dan tak dapat di gunakan lagi ? jawabannya MASIH.  begitulah kegunaannya Git setelah kita bekerja beberapa kali memperbaiki atau menambahkan fitur di sourcecode kita hingga 20 versi sekali pun kita akan selalu dapat bagi kembali ke versi lama yang keberapapun semacam itu pun sebaliknya.



Apakah Git itu Urgen ?



Kenapa Git urgen bagi tim developer? Dengan menggunakan Git, setiap orang pada sebuah tim dapat mengerjakan perubahan di source-code tanpa mesti takut terjadi benturan ataupun kesulitan pada menggabungkan hasil perubahan yang mereka lakukan. Dengan menggunakan Git, setiap perubahan di source-code akan terlacak pesan perubahannya, apa saja yang diubah, siapa yang mengubah dan kapan waktunya.



 



Command mendasar Git:




  • git init bagi membangun repo lokal baru di petunjuk ini akan dibangun sebuah folder baru yang bernama “.git”


  • git status bagi melihat status dari repo lokal


  • git add bagi menambahkan file ke pada repo yang sebelumnya telah dibangun


  • git commit bagi menyimpan seluruh perubahan yang terjadi


  • git pull / push bagi menyimpan dan mengambil data dari remote repo


  • git checkout bagi pindah branch


  • git diff bagi membandingkan perubahan file


  • git merge bagi mengerjakan penggabungan antar branch


  • git remote bagi menambahkan remote repo baru


  • git reset bagi membatalkan perubahan di repo lokalsebenarnya masih banyak lagi perintah-perintahnya, hanya saja yang saya berikan di atas adlah petunjuk umum yang sering di gunakan saja.



Lumayan demikian pembahasan mengenai Git, hingga bertemu di artikel berikutnya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS