Apa Itu Trigger?

Halo teman-teman di panduan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Trigger. Apa itu Trigger? Trigger yakni sebuah script petunjuk MySql yang memicu suatu kejadian pada database MySql berupa aksi insert, update, dan delete setelah syarat tertentu (after or before). Bagi Lokasi penulisan Trigger yakni di pada database yang bersangkutan, dan Trigger tak ditempatkan di PHP script.



Misal saya mempunyai table tbBarang dan tbPenjualan dan ingin menggunakan Trigger bagi database inventaris saya, dan ini struktur database nya.





Nah bila pada kondisi ini saya ingin ketika table tbPenjualan tersebut terisi secara otomatis jumlah di table tbBarang akan berkurang dengan kondisi seperti ini karenanya Triggernya akan seperti ini:



CREATE TRIGGER jual AFTER INSERT ON tbpenjualan
FOR EACH ROW BEGIN
UPDATE tbbarang SET jumlah = jumlah-NEW.jumlah
WHERE barangID = NEW.barangID;
END


Notes:



Jangan lupa tambahkan $$ di Delimiter sebelum klik Go, seperti ini





Penjelasan:



jual yakni nama Trigger yang kita bikin


AFTER INSERT ON tbpenjualan yakni syarat dan kondisi dimana Trigger yang kita bikin akan bekerja setelah (AFTER) tbpenjualan terisi (INSERT)


UPDATE tbbarang SET jumlah = jumlah-NEW.jumlah yakni dimana Trigger akan mengupdate field jumlah di table tbbarang dengan mengurangi field jumlah di table tbbarang dengan field jumlah dari tbpenjualan


WHERE barangID = NEW.barangID yakni memeriksa apakah field barangID di tbbarang dan tbpenjualan sama apa tak


Oke demikianlah Trigger, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS