Cara Menghitung Jumlah Data Pada Table Di MySQL

Halo teman-teman, di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Menghitung Jumlah Data Di Table. Terkadang kita jumpai kondisi dimana kita perlu mengetahui jumlah data di pada table di sebuah database, contoh bagi mengetahui jumlah anggota, mengetahui jumlah transaksi dan lain-lain.



Bagi kebutuhan seperti itu, saya akan menjelaskan cara-cara yang dapat teman-teman pilih sesuai keperluan. berikut penjelasannya:



Penjelasan:



MySQL telah menyediakan manfaat count() bagi mengetahui jumlah data dari sebuah table maupun query, dan perlu dimengerti bahwa data dari sebuah query tak selalu berarti jumlah data pada sebuah table. Lalu kita akan menggunakan manfaat dari MySQL di PHP yaitu mysqli_num_rows().



Lalu cara terakhir yakni yang sangat sering digunakan, namun tak tepat sasaran yaitu dengan mengambil seluruh data dari query ke pada sebuah variable seperti array(), dan kemudian menghitung jumlah isi dari array tersebut. Kenapa tak tepat sasaran? Sekiranya query yang ingin kita hitung jumlahnya dan ternyata hasilnya tersebut ternyata telah mencapai 1 juta record. Berapa banyak memory yang mesti terpakai bagi menampung data-data tersebut? Jawabannya tergantung dari bagaimana struktur data per-record.



Nah dari ketiga penjelasan diatas, saya akan memberikan contoh bagi scriptnya:



<?php
mysql_connect('localhost', 'username', 'password');
mysql_select_db('database_name');

$table = table_name;

// Cara 1
$sql = SELECT count

AS jumlah FROM $table;
$query = mysql_query($sql);
$result = mysql_fetch_array($query);
echo Jumlah data dengan manfaat MySQL count(): {$result['jumlah']} <br/>;

// Cara 2
$sql = SELECT * FROM $table;
$query = mysql_query($sql);
$count = mysql_num_rows($query);
echo Jumlah data dengan mysql_num_rows: $count <br/>;

// Cara 3
$sql = SELECT * FROM $table;
$query = mysql_query($sql);
$data = array();
while(($row = mysql_fetch_array($query)) != null){
$data[] = $row;
}
$count = count($data);
echo Jumlah data dari array PHP: $count;
?>



Notes:



Jangan lupa, seluruh contoh di atas yakni menghitung hakekatnya yakni menghitung jumlah data dari hasil query. Karena querynya yakni mengambil seluruh data dari $table, karenanya dapat dibilang contoh di atas yakni menampilkan jumlah data di pada $table.




Dari ketiga contoh diatas, teman-teman dapat kembangkan menjadi lebih kompleks, misalnya menghitung data anggota yang belum aktif, atau menghitung jumlah transaksi yang belum lunas atau yang lainnya. Semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS