Apa Yang Di Maksud Dengan Aplication Programming Interface Atau API

Di panduan kali ini kamu akan belajar dan  memahami apa yang dimaksud dengan aplication programming interface atau API dan pun dan juga contoh-contohnya.



 



Sahabat sering mesti bergantung di orang lain bagi mengerjakan kegunaan yang Sahabat mungkin tak dapat atau tak diizinkan bagi lakukan sendiri? seperti membuka kotak pengaman Bank deposito. Demikian pula, hampir seluruh alat lunak mesti meminta alat lunak lain bagi mengerjakan beberapa hal bagi itu.



Bagi mencapai hal ini, program meminta menggunakan satu set instruksi pemrograman dan standar bagi mengakses program alat lunak dengan web atau web tool, yang disebut antarmuka pemrograman program (API). Hampir setiap program tergantung di API dari program operasi yang mendasari bagi mengerjakan kegunaan mendasar seperti mengakses program file.



Nah,, API (Application Programming Interface) ialah sekumpulan command, kegunaan, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer dikala membangun alat lunak bagi program operasi tertentu. API memungkinkan programmer bagi menggunakan kegunaan standar bagi berinteraksi dengan program operasi lain.



Di



umumnya api sendiri berbentuk dari sekumpulan-sekumpulan kegunaan atau libraries yang siap bagi di gunakan oleh para programmer bagi membangun sebuah program atau web aplication.



bagi situs ada APinya sendiri yang dinamakan web(API) yaitu contohnya :




  • Kumpulan fungsi-fungsi JavaScript


  • JSON, REST, SOAP, XML-RPC


  • Contoh web API :


    • Google Map API –> http://code.google.com/apis/maps/


    • Facebook API –> http://wiki.developers.facebook.com/index.php/API

      Dapat mengintegrasikan facebook dengan situs, bagi pengembangan program yang dapat dijalankan di facebook dan digunakan bagi pengembangan program facebook bagi iphone.


      API yang disediakan antara lain : FBML, FQL, FBJS, XFBML, REST API






 



 



oke teman-teman hingga di sini bagi artikel mengenai apa yang dimaksud dengan aplication programming interface atau API , hingga bertemu di artikel berikutnya.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS