Cara Instalasi Prestashop Di Localhost

Di kesempatan kali ini saya akan mnjelaskan bagaimana cara instalasi prestashop di localhost. Sebelum membahas lebih jauh, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu prestashop ?



Prestashop



Prestashop yakni Content Management System (CMS) yang dengan menggunakan PHP, MySQL dan bersifat open source yang di publikasikan free bagi publik dengan harapan dapat mempermudah penggunanya pada perancangan laman toko online.



Open source berarti dapat dikembangkan lagi oleh seluruh pengguna nya dan dapat berbagi secara free tanpa adanya biaya bagi pembelian lisensi. Keunggulan dari CMS tersebut yakni filenya yang ringan, gampang bagi dicustomize, modulnya komplit yang banyak disediakan di forum komunitas nya serta URL friendly.



Sebelum menggunakannya teman-teman mesti terlebih dahulu men unduh dan kemudian menginstalnya ke pada server hosting atau pun lokal. Namun di contoh di sini saya jelaskan instalasi ke lokal, ada beberapa hal yang mesti di siapkan terlebih dahulu sebelum menjalankan instalasi prestashop  di localhost.



Berikut tahapan nya:





  1. Jalankan apache dan mysql via control panel XAMPP


  2. Unduh terlebih dahulu file PrestaShop di domisili berikut https://www.prestashop.com/en/unduh


  3. Jikalau telah di unduh , kemudian ekstrak folder PrestaShop.zip tersebut ke pada htdocs.




  1. Buatlah database terlebih dahulu dan buka browser ketikan dengan domisili http://localhost/phpmyadmin


  2. Bikin database baru dengan nama terserah teman-teman, seperti contoh di sini saya beri nama dengan “prestashop”, lalu klik tombol “create” atau “bikin”.




  1. Kini buka Prestashop Setup Wizard di browser dengan mengetikan domisili http://localhost/prestashop , pilih bahasa dan klik tombol NEXT , seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  1. Di langkah berikutnya, beri tanda centang bagi menyetujui semua ketentuan yang terdapat dari prestashop. Lalu klik tombol Next atau Berikutnya ,seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  1. Lengkapi seluruh data informasi yang diminta di formulir tersebut,jikalau telah klik Next atau Berikutnya.



Pada




  1. Langkah berikutnya isikan data yang sesuai dengan konfigurasi database teman-teman yang sebelumnya telah di bikin di phpmyadmin. Jikalau telah klik tombol Next atau Berikutnya , seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  1. Langkah berikutnya biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai, dan biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama, seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  1. Setelah proses instalasi selesai, karenanya akan tampil keterangan bahwa proses instalasi selesai.



Pada




  1. Langkah berikutnya, hapus folder install pada folder Prestashop tersebut.



Pada



Hingga di tahap ini proses instalasi telah selesai dan telah dapat login ke halaman administrator dengan account yang sebelumnya telah di bikin.



Demikianlah penjelasan dari saya mengenai bagaimana cara instal prestashop di localhost, Semoga Bermanfaat.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS