Cara Membuat Kondisi Dasar dengan Javascript

Hallo teman-teman, Bertemu kembali dengan saya dan masih diwebsite ini. Seperti lazim ya teman-teman, semoga masih diberikan medis dan kebahagiaan agar dapat kembali semangat pada mencari informasi atau ingin mengupgrade skill didunia laman.



Di kesempatan kali saya akan membahas mengenai Cara Membangun Kondisi Mendasar dengan Javascript. Sebelum kita memulai pembahasan kali ini, saya harap teman-teman mesti telah mengenal mengenai dasar-dasar dari javascript itu sendiri agar dapat dengan gampang memahami artikel saya di kali ini.



Oke di dasarnya membangun kondisi dengan javascript ini konsepnya tak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman yang lainnya namun hanya mungkin perbedaan di bahasanya saja. Oke bagi lebih jelasnya kita mulai ya teman-teman Cara Membangun Kondisi Mendasar dengan Javascript.



Pertama-tama-tama jalankan/text-editor yang teman-teman gunakan. Kemudian ketiklah script/code seperti dibawah ini :



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Kondisi Mendasar Javascript</title>
</head>
<body>
<script type=text/javascript>
var warna = Kuning; //membangun variable dan menentukan nilai awal

if(warna == Kuning){ //kondisi sekiranya warnanya kuning
document.write(Warna Kuning);//cetak
}else{ //kondisi sekiranya warna nya selain kuning
document.write(Belum ada Warna); //cetak
}
</script>
</body>
</html>


Perhatikan code diatas, disitu terdapat komentar variable awal dengan nilai  kuning lalu dikondisikan sekiranya nilai awal yakni kuning karenanya cetak warna kuning dan sekiranya bukan karenanya cetak belum ada warna. Jadi seperti begitulah kondisi diatas hanya antara sekiranya iya atau sekiranya tak. Dan hasil dari code diatas akan menjadi seperti di gambar dibawah ini :



Bertemu



Nah coba silahkan teman-teman ganti nilai awalnya selain kuning karenanya akan tercetak seperti di gambar dibawah ini



Bertemu



Oke lumayan gampang ya teman-teman ? jadi kurang lebihnya contoh mendasar kondisi dengan javascript seperti itu. Dan bagi pengembangannya silahkan teman-teman modifikasi dan berlogika sendiri sesusai keperluan dengan rujukan seperti diatas.



Lumayan sekianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Membangun Kondisi Mendasar dengan Javascript. Semoga dapat bermanfaat dan hingga bertemu dipembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS