Cara Backup WordPress Dengan Plugin BackWPUp

Di postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Backup WordPress Dengan Plugin BackWPUp. Backup ialah diantara pertahanan terbaik kepada ancaman keamanan blog. backup secara teratur dan berkala ialah diantara hal yang perlu di miliki oleh setiap webmaster, dan diantara plugin yang lumayan familiar bagi backup wordpress dengan lisensi free ialah BackWPUp.



Berikut tahapan strategi nya:



Bagi menginstal plugin BackWPup tersebut dapat dilakukan lewat fitur Plugin >> Add New di halaman admin wordpress, kemudian cari plugin dengan mengetikan BackWPup di fitur pencarian plugin dan klik Install Now, seperti gambar di bawah ini:



Pada



Klik Add New Job, dan di tab General, ketikan nama bagi kesibukan tersebut sesuai dengan keinginan teman-teman. Dimana nantinya ini akan digunakan secara internal dan akan menolong bagi mengidentifikasi setiap contoh cadangan. Di bagian Job Tasks, pilih beberapa kewajiban yang akan di lakukan. Di contoh ini saya pilih beberapa kewajiban yang nantinya dapat di lakukan yaitu backup database (Database Backup), file cadangan (File Backup), WordPress ekspor XML (WordPress XML Export) dan daftar plugin Terpasang (Instaled Plugin List), sesuaikan dengan keperluan teman-teman, seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada



Di bagian Archive Format, pilihlah jenis arsip yang nantinya akan dibangun, Opsi default nya ialah tar.gz, namun di contoh di sini saya menggunakan format zip.  Di bagian Job Destination, pilih sesuai dengan keinginan teman-teman, namun di contoh di sini saya simpan Backup tersebut ke Dropbox, jadi dapat teman-teman pilih Backup to Dropbox , saran saya apa pun yang sahabat lakukan, jangan menyimpan backup tersebut di server Kamu, seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada



Berikutnya klik di tab Schedule dan tentukan seberapa sering ingin backup situs tersebut. Di bagian ini teman-teman dapat menjadwalkan bagi menjalankan Backup secara Bulanan, mingguan, atau harian, namun jikalau teman-teman merasa bahwa itu tak di butuhkan sebaiknya lewati saja di tahap ini, namun di contoh di sini saya gunakan dengan skala Backup mingguan.



Berikutnya klik di tab To: DropbOx dan klik Reauthenticate (full Dropbox), seperti gambar di bawah ini:



Pada



Berikutnya teman-teman akan di bawa ke situs Dropbox dimana nanti akan diminta bagi memberikan nama pengguna dan password. Setelah berhasil masuk ke Dropbox, berikutnya akan diminta izin bagi memberikan akses BackWPup ke akun DropBox teman-teman, seperti contoh gambar di bawah ini:



PadaSetelah itu, plugin akan mengurus sisanya, klik Save dan bagi berikutnya klik RUN NOW, tunggu hingga proses Backup selesai dan biasanya akan memakan waktu yang lumayan lama, berikut seperti gambar di bawah ini:



Pada



Hingga di sini penjelasan saya cara backup wordpress dengan plugin BackWPUp. Semoga Bermanfaat




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript