Cara Membuat Perhitungan Diskon Menggunakan Javascript

Hallo teman-teman, berjumpa kembali dengan saya Muhamad Rizal Hidayat (Murihat). Masih seperti lazim diwebsite Source Code Aplikasi ini banyak sekali artikel yang bermanfaat pada memberikan panduan atau tips dan trik seputar blog dan semoga teman-teman dapat dengan gampang dan semangat pada mempelajari ilmu seputar blog.



Di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Merancang Perhitungan Diskon Menggunakan Javascript. Seperti lazim teman-teman mesti telah mengenal javascript terlebih dahulu agar dapat dengan gampang memahami dipembahasan kali ini. Oke disini saya membangun perhitungan diskon menggunakan guna di javascript. Guna di javascript disini adalah sebuah sebuah blok kode yang dijalankan ketika ada script yang memanggil guna tersebut.



Bagi lebih jelasnya mari kita mulai, silahkan teman-teman jalankan/run text-editor yang teman-teman gunakan. Kemudian ketiklah/copy full script javascript dibawah ini :



<html>
<head>
<meta charset=UTF-8>
<title>Perhitungan Diskon Javascript</title>
</head>
<body>
<script>
function diskon(hargaAwal){
var diskon;
diskon = 0.5 * hargaAwal;
hargaDiskon = hargaAwal - diskon;
return hargaDiskon;
}
var harga = prompt(Masukan Harga : Rp. );
document.write(Harga Setelah diskon 50% Menjadi : Rp. + diskon(harga));
</script>
</body>
</html>


Penjelasan dari proses script diatas ialah selaku berikut : pertama-tama user diminta bagi memasukan nilai awal (harga awal) berikutnya script mencetak harga setelah diskon dan didalam hal ini script memanggil guna diskon. Lalu script harga diskon akan menghitung yaitu 0.5 * 50000 = 25000 lalu harga diskon menghitung 50000 – 25000 dan petunjuk return bagi mengembalikan nilai harga diskon. Karenanya cetaklah harga setelah diskon 50% menjadi Rp. 25000.



Oke lanjut langkah berikutnya jikalau script diatas benar karenanya hasil dari script diatas ketika dijalankan akan menjadi seperti dibawah ini :



Masukan harga awal



berjumpa



Hasil perhitungan diskon



berjumpa



Bagaimana teman-teman ? lumayan gampang bukan pada Cara Merancang Perhitungan Diskon Menggunakan Javascript. dan bagi kedepannya silahkan teman-teman coba modifikasi sendiri dengan referensi mendasar seperti diatas.



Oke kalau demikian itu lumayan demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Merancang Perhitungan Diskon Menggunakan Javascript. semoga dapat bermanfaat bikin teman-teman dan hingga bertemu di pembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript