Cara Mengetahui Jenis Type Data dengan Mudah Menggunakan Javascript

Didalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Cara Mengetahui Jenis Type Data dengan gampang Menggunakan Javascript. seperti yang teman-teman ketahui, didalam sebuah bahasa pemrograman bagus client-side maupun server-side pasti mempunyai jenis-jenis type data. Berikut ini Contoh type data didalam javascript : string,number,boolean,object,dsb.



Ditutorial kali ini, didalam sebuah javascript telah disediakan sebuah operator yang bermanfaat bagi mengetahui type data dari sebuah variable, operator tersebut ialah typeof. Jadi operator ini akan menghasilkan nilai sesuai jenis type data dari variable yang nantinya kita eksekusi dan pun lazim digunakan bagi debugin error karena akibat salah memasukan jenis type data.



Oke seketika saja kita mulai mencobanya.



Pertama-tama jalankan/run text-editor yang teman-teman gunakan, kemudian ketiklah kode javascript dibawah ini dan simpan dengan format .html :



<html>
<head>
<meta charset=UTF-8>
<title>Mengetahui Type Data Javascript</title>
</head>
<body>
<script type=Text/Javascript>
var a = 20;
var b = String;

result = (typeof a == string ? A ialah String : A ialah numerik)
document.write(Hasil Result => + result +<br>);

result = (typeof b == string ? B ialah String : B ialah numerik)
document.write(Hasil Result => + result);
</script>
</body>
</html>


Dari kode diatas, terdapat result bagi menampung hasil dari operator typeof yang saya berikan kondisi didalamnya. Cara bacanya seperti ini result = (seandainya variable a type datanya string karenanya cetak1 dan seandainya tak karenanya cetak2). Bagaimana ? coba teman-teman simpan dan lihatlah hasilnya. Karenanya hasilnya akan sama seperti di gambar dibawah ini :



Didalam



Lumayan mudahkan teman-teman ? jadi seperti demikianlah contoh sederhana nya mengenai Cara Mengetahui Jenis Type Data dengan gampang Menggunakan Javascript dan bagi kedepannya silahkan teman-teman coba berkreasi sendiri hehe.



Oke kalau semacam itu lumayan sekianlah dipembahasan kali ini mengenai Cara Mengetahui Jenis Type Data dengan gampang Menggunakan Javascript semoga dapat bermanfaat bikin teman-teman dan hingga bertemu dipembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript