Cara Menggunakan Event Onload pada Javascript

Hallo teman-teman, berjumpa kembali dengan saya Muhamad Rizal Hidayat (Murihat). Masih seperti biasanya diwebsite Source Code Aplikasi ini banyak sekali artikel yang bermanfaat pada memberikan panduan atau tips dan trik seputar situs dan semoga teman-teman dapat dengan gampang dan semangat pada mempelajari ilmu seputar situs.



Di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan Event Onload di Javascript. Event di JavaScript dapat dinamakan selaku kegunaan pasif (passive function) yang disediakan oleh JavaScript. Proses event akan berjalan apabila suatu aksi tertentu dikenakan di unsur HTML tertentu. Dan bagi Event Onload ini akan di eksekusi bila suatu object telah di load, contohnya bila halaman situs kita telah di load karenanya akan di eksekusi kode event javascriptnya.



Agar lebih memahami event onload javascript ini mari kita coba praktekan, pertama-tama jalankan/run text-editor yang teman-teman gunakan. Kemudian ketiklah/copy script javascript dibawah ini :



<html>
<head>
<meta charset=UTF-8>
<title>onload Javascript</title>
</head>
<body onload=alert('LOADING SELESAI')>
<h1>SELAMAT DATANG!!</h1>
</body>
</html>


Jikalau telah simpan dengan format .html dan bagi penjelasan dari script diatas yaitu bila sebuah halaman situs telah terload segala karenanya akan di eksekusi kode javascriptnya. Contoh hasil dari kode diatas seperti dibawah ini :



Setelah diload



berjumpa



setelah klik oke



berjumpa



Lumayan gampang ya teman-teman mengenai event onload di javascript ini ?  jadi seperti demikianlah contoh sederhananya dari Cara Menggunakan Event Onload di Javascript. bagi pengembangan kedepannya silahkan teman-teman coba berkreasi sendiri sesuai keinginan teman-teman.



Oke sekianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Menggunakan Event Onload di Javascript. semoga dapat bermanfaat dan hingga bertemu dipembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript