Cara Menghitung Banyaknya Karakter Menggunakan Javascript

Di beberapa orang mungkin tak asing dengan Bahasa client server yang satu ini yaitu Javascript, JavaScript pertama-tama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. Navigator sebelumnya telah mendukung Java bagi lebih dapat dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Karenanya dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript bagi mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.



JavaScript dapat digunakan bagi banyak tujuan, misalnya bagi merancang efek rollover bagus di gambar maupun teks, dan yang urgen pun yakni bagi merancang AJAX. JavaScript yakni bahasa yang digunakan bagi AJAX. (Wikipedia). Javascript sendiri lebih cenderung bagi membangun suatu web design, bagi lebih real time pada pengeoperasiannya, jadi user tak perlu me-reload bagi memperoleh suatu hasil yang terbaru, nah di kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Cara Menghitung Banyaknya Karakter Menggunakan Javascript, codingan di javascript hampir sama dengan codingan di Bahasa Pemrogramman PHP, tak jauh berbeda, oke seketika saja teman teman dapat seketika praktekan dibawah sini :




  1. Bikin file bernama hitung.html


  2. Masukkan script dibawah sini :



  3. <script type=text/javascript>
    function hitung (){

    var tampilkan = document.getElementById('nama').value;
    var nama = document.getElementById('nama').value.length;

    document.getElementById('hasil').innerHTML = ('<span style=color:red> Nama Kamu : </span> ' + tampilkan + ' <br/> <span style=color:blue> Total Huruf : </span>' + nama);

    }
    </script>
    <div class=container>
    <div class=row>
    <legend>Form title</legend>
    <div class=col-md-12>
    <div class=form-group>
    <label for=> NAMA ANDA </label>
    <input type=text class=form-control id=nama placeholder=Input field>
    <span id=hasil></span>
    </div>
    <button type=submit onclick=hitung(); class=btn btn-primary>Submit</button>


    </div>
    </div>
    </div>


     



  4. Save dan jalankan dibrowsernya.



Lumayan gampang bukan, lumayan sekianlah panduan mengenai Bagaimana Cara Menghitung Banyaknya Karakter Menggunakan Javascript, hingga bertemu diartikel berikutnya dan hingga jumpa.



berikut Hasilnya :



Pada



#KeepLearn



#IsmetMA




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript