Mengenal Struktur File HTML Dalam Website

Mengenal struktur file HTML pada blog sangatlah urgen, suatu dokumen HTML pun mempunyai aturan pada penulisannya, ada beberapa tag yang mesti sahabat tuliskan dan telah menjadi ketentuan. Kalau kita perbaiki latihan kita sebelumnya menjadi dokumen HTML yang benar karenanya kodenya menjadi seperti berikut:



<!DOCTYPE HTML> 
<HTML>
<head>
<title>Judul File HTML</title>
</head>
<body>
Blog <strong><em>pertama-tama</em></strong> saya
</body>
</HTML>


Bingung? Mengenai MENGENAL STRUKTUR FILE HTML.



Tenang, saya jelaskan tiap baris kode tersebut.



<!DOCTYPE HTML>


Yaitu Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi bagi menginformasikan di browser bahwa dokumen yang sedang dibuka ialah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan sahabat bikin.



<HTML> … </HTML>


Awal dari isi dokumen HTML dimulai dari sini, segala kode HTML yang akan sahabat bikin akan ditulis di pada tag ini, perhatikan pun bahwa setiap tag mesti mempunyai tag penutup.



<head> … <head>


Tag Head akan digunakan bagi menyimpan bermacam informasi mengenai dokumen HTML, lebih detailnya akan kita temui di bab berikutnya. Apa yang terdapat di pada tag ini, tak akan ditampilkan secara seketika di web browser.



<title> … </title>


Diantara contoh informasi yang terdapat di pada tag Head ialah title. Title akan menampilkan teks di judul browser atau di tab browser.



<body> … </body>


Nah, apa yang ingin sahabat tampilkan di browser akan ditulis di pada tag ini, tag body adalah sebuah tag pembuka dari badan dokumen HTML. Gampang dimengerti bukan? Lalu apakah penulisan tag-tag HTML mesti seperti contoh di atas? Seperti penambahan tab/indentasi di setiap tag?. Sebetulnya Kamu dapat saja menuliskan kode HTML seperti ini :



<!DOCTYPE HTML>
<HTML>
<head>
<title>Judul File HTML</title>
</head>
<body>
Blog <i>pertama-tama</i> saya
</body>
</HTML>


 



Dan yang sahabat dapatkan pada browserpun sama, namun sahabat akan kesulitan membaca dokumen HTML tersebut. Kalau saja dokumen HTML yang sahabat bikin hanya 10 baris mungkin hal ini tak akan menjadi masalah, namun bagaimana kalau 1000 baris? Nah gimana itu? Bagi itu kita menambahkan indentasi, disetiap isi (konten)dari suatu tag. Misalnya :



<head> 
<title>Judul File HTML</title>
</head>


Ini menandakan bahwa tag title berada di pada tag head. Selain itu kita pun dapat memenej, apakah suatu tag telah ditutup atau belum. Oke, demikianlah penjelasan dari saya mengenai MENGENAL STRUKTUR FILE HTML. Semoga bermanfaat untuk teman – teman segala. Karena berbagi itu hal yang mulia karenanya penulis akan berbagi ilmu terus bagi teman- teman segala. Tunggu artikel saya berikutnya.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript