Apa Itu MariaDB Dan Apa Bedanya Dengan MYSQL

Di panduan kali ini kita akan mencoba mengenal diantara database pengaturan selain mysql yaitu mariaDB, Apa Itu MariaDB Dan Apa Bedanya Dengan MYSQL ?



MariaDB ialah sebuah database pengaturan program yang di kembangkan oleh pengembang MYSQL , karena kenapa di kembangkannya mariaDB oleh pengembang MYSQL ialah karena MYSQL sendiri telah di ambil alih atau telah di akuisisi oleh perusahaan ORACLE yang pun adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada database sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi proprietary dan akan menjadi product yang komersil.



Pada



Sesungguhnya MariaDb ini mirip sekali dengan MYSQL karena di kembangkan dari MYSQL itu sendiri selain interfacenya mirip, mesin dan API nya benar-benar kompatible dengan MYSQL, Artinya seluruh connector, library dan program yang bekerja di MySQL, dapat bekerja di MariaDB.



Ini tools client yang dapat bekerja dengan mariaDB :




  • Database Workbench: .


  • DBEdit


  • HeidiSQL


  • Navicat


  • phpMyAdmin


  • SQLyog



Lalu apa perbedaanya ?



sesungguhnya tak banyak perbedaan antara mariaDB dengan MYSQL itu sendiri karena sekali lagi mariaDB ialah tingkat lanjut dari MYSQL tetapi menurut beeberap[a orang yang telah memakainya mariaDB mempunyai beberapa keunggulan di banding dengan MYSQL yaitu :




  1. bila MYSQL nanti di komersilkan nah bagi mariaDB tetap free bagi di gunakan siapa saja


  2. Penuh fitur-fitur yang benar-benar bermanfaat


  3. Ada yang bilang lebih cepat di banding dengan MYSQL, kira-kira kalau mau di samakan analogionya mirip antara webserver Nginx dengan Appace



Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai mariaDB, Apa Itu MariaDB Dan Apa Bedanya Dengan MYSQL  bagi penginstalan kita dapat membahasnya di artikel berikutnya




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS