Cara Membuat Class Dan Property Didalam OOP

Hallo,,,!!! di kesempatan  kali ini saya akan membahas mengenai Cara Merancang Class Dan Property Didalam OOP, oke sebelum memulai saya akan menjelaskan mengenai pengertian class dan property di pada Object-oriented programming.Property atau disebut pun dengan attribute yakni data yang terdapat pada sebuah kelas. Data tersebut menggambarkan ciri – ciri dari class atau object-nya.



Class yakni struktur basic dari OOP . Terdiri dari dua tipe yaitu property dan method. Class digunakan bagi mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek . Object Setiap Object (objek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut “variabel” (bagi menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan pun terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek) atau Obyek yakni = sebuah alat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan. Object adalah sebuah sebuah instance (keturunan) dari class. Variabel dan method diketahui bersama selaku  Variable instance dan method instance.



Oke seketika saja disini saya akan coba memperaktekkannya, pertama-tama saya akan mendefinisikan sebuah kelas itu sendiri.


Di sini teman – teman dapat mendefinisikan kelas sendiri , bebas teman – teman mau memakai kelas apa saja. Ibarat teman – teman mau membikin framework sendiri, hehehhe. Teman – teman dapat mendefinisikan sebuah kelas menggunakan kata kunci class lalu teman – teman dapat mengisinya dengan sebuah property dan cara. Namun yang mesti teman – teman ingat yakni ketika teman – teman merancang sebuah class, sebuah class mesti diawali dengan huruf besar. Setelah kelas diciptakan , teman – teman dapat atau dapat menghasilkan objek kelas, wih cakepkan belajar Cara Merancang Class Dan Property Didalam OOP namun dapat ilmu mengenai sebauh objek kelas tersebut. bagi merancang sebuah objek di awali dengan nama objek(variabel) lalu diikuti dengan kata kunci new lalu nama kelas objeknya.



 <?php 

//kelas_sendiri.php
//mendefinisikan kelas
//bagi komputer Generik

class Generik {

//property
public $cpu;
public $men;

//metedo bagi menetapkan sebuah spesifikasy memory
public function setMemori($nil) {
$this->mem = $nil;
echo Menetapkan memory menjadi $nil MB... n;
}

//cara bagi menetapkan spesifikasi prosesor
public function setCpu($nil){
$this->cpu = $nil;
echo Menetapkan prosesor menjadi $nil...n;
}

//cara bagi menampilkan konfigurasi
public function getKonfigurasi() {
echo Konfigurasi ketika ini : $this->cpu CPU, $this->mem MB RAMn;
}

}

//menghasilkan sebuah objek kelas
$pcku = new Generik;

// menetapkan prosesor dan memory
$pcku->setCpu(pentium I7);
$pcku->setMemori(2048);

//menampilkan konfigurasi
//hasil: Konfigurasi ketika ini: pentium I7 cpu, 2048 MB RAM
$pcku->getKonfigurasi();


?>


Oke lumayan gampang bukan Cara Merancang Class Dan Property Didalam OOP, semoga bermanfaat.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS