Mengenal Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman Javascript

Sebuah program dapat menjalankan banyak hal, termasuk perhitungan, pengurutan nama, menghasilkan daftar nomor telpon, menampilkan citra, memvalidasi form, dan masih banyak  lainnya yang dapat dilakukan oleh sebuah program. Tetapi agar hal  tersebut dapat dilakukan, program memerlukan yang namanya sebuah data. Tipe data  menetapkan sebuah jenis  data, seperti angka dan karakter, yang dapat disimpan dan dimanipulasi di pada sebuah program. Javascript mendukung keberadaan sejumlah tipe data fundamental. Tipe – tipe data itu dapat dikelompokan ke pada dua kategori, tipe data primitif dan tipe data komposit. 



Oke bagi lebih jelas saya akan menjelaskan mengenai apa itu data primitif, tentu teman – teman segala masih bingungkan mengenai apa itu data primitif,  yang pertama-tama tipe data primitif.  Tipe data primitif yaitu tipe data yang adalah blok pembangun sangat sederhana dari sebuah program. Tipe data ini dapat ditugasi sebuah nilai literal tunggal seperti angka 4.598, atau sebuah string karakter seperti “selamat”.



Di pada Javascript pun mendukung keberadaan tiga tipe data mendasar ;




  • Numerik (atau number)


  • String


  • Boolean



Selain ketiga tipe data mendasar tersebut, terdapat dua tipe data lain yang didukung oleh javascript yaitu ;




  • Null


  • Undefined



Literal numerik. Javascipt mendukung keberadaan angka integer (bilangan bulat) dan angka titik-mengambang (bilangan pecehan). Integer tak mengandung titik decimal seperti 342 dan -98. Integer dapat diekpresikan pada decimal (basis 10), octal (basis 8), dan heksadesimal (basis 16), dapat bernilai positif maupun negative. Angka titik mengambang yaitu angka pecahan seperti 234.543 atau 3.45. Angka – angka semacam itu mengandung titik desimal atau penspesifikasi eksponen, seperti 2.45e-2. Huruf “e” bagi notasi eksponen dapat berupa huruf besar atau huruf kecil. Angka – angka di pada JavaScript dapat berupa angka – angka yang amat besar (misalnyam, 10308  atau 10-308).



 



Berikut ini yaitu contoh – contoh tipe – tipe data Pada Bahasa Pemrograman  Javascript ;















































12345integer
23.456Titik-mengambang(float)
.234E-32Notasi saintifik
.234e-32Notasi saintifik
0x345ffaHeksadesimal
0x345FFAHeksadesimal
0777Oktal


Oke lumayan dua pembahasan dulu bagi pembahasan  kali ini, nanti kan di pembahasan berikutnya. semoga bermanfaat




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript