Tipe Data Null Dan Undefined Dalam Javascript

Di pada Javascript tak hanya mengandung tipe data numerik, string, dan boolean namun Javascript pun mengandung tipe data lain yaitu Null dan Undefined. Null dan undefined perbedaan antara null dan undefined lumayan kecil. katakunci  null merepresentasikan “tanpa nilai”, yang berarti  “tak ada apa – apa”, bahkan tak pula nol atau string kosong.



ini adalah sebuah diantara tipe dari objek Javascript. Nilai ini dapat dimanfaatkan bagi menginisialisasi sebuah variabel sehingga ia tak menghasilkan error atau bagi menghapus nilai dari sebuah variabel, sehingga tak ada lagi data yang berkaitan dengan variabel itu dan memori yang dimanfaatkan akan dibebaskan. Ketika sebuah variabel ditugasi null karenanya ia tak merancang sembarang tipe data  yang valid.



Sebuah variabel yang telah dideklarasikan, tetapi belum diberikan  nilai awal, mengandung nilai undefined dan akan menghasilkan error runtime ketika Teman – teman mencoba menggunakannya. ( Kalau teman – teman mendeklarasikan variabel dan menugaskan null kepada variabel itu, karenanya null akan  berperan selaku penempat dan teman – teman tak akan mendapat error).



kata undefined bukan kata kunci pada Javascript. Kalau diperbandingkan menggunakan operator ekualitas ==, kedua null dan undefined bernilai sama.


Oke saya akan memberikan contoh, bagi lebih jelasnya, silahkan simak contoh Tipe Data Null Dan Undefined Pada Javascript yang saya bikin di bawah ini. lumayan gampang kok teman – teman;




<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> Operator typeof dengan null dan undefined didalam javascript</title>
</head>
<body bgColor=gold>
<big>
        <script type=text/javascript>
            document.write(<em>null</em> yakni tipe + typeof(null), <br />);
            document.write(<em>undefined</em> yakni tipe + typeof(undefined), <br />);
        </script>
    </big>
</body>
</html>


Oke saya akan menjelaskan script contoh tipe data null dan undefined diatas ;


1. kata kunci null yakni tipe objek, yang adalah sebuah tipe objek built-in di pada javascript yang tak mengandung nilai apapun.


2. undefined didapatkan ketika sebuah variabel tak diberikan nilai awal atau ketika operator void digunakan



Oke demikianlah tadi pembahasan saya mengenai Tipe Data Null Dan Undefined Pada Javascript lumayan gampang dimengerti bukan.


Semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Cara Menghapus Isi Dari Form Input Menggunakan Javascript

Membuat Form Menarik Menggunakan HTML dan CSS